Kodim 0102/Pidie Gelar Sosialisasi Tanggap Bencana Wujud Kepedulian TNI Terhadap Masyarakat

0

Pidie - Kodim 0102/Pidie menggelar sosialisasi tanggap bencana bertema "Bakti TNI Tanggap Bencana".Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam yang berlangsung di Aula Salimuddin Makodim 0102/Pidie, Jalan Prof. A Majid Ibrahim, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Rabu (04/09/2024). 


Sosialisasi tersebut melibatkan berbagai pihak, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie, Babinsa, dan mitra karib Kodim 0102/Pidie. Program ini merupakan bagian dari pembinaan masyarakat nonfisik untuk meminimalisir dampak bencana melalui edukasi dan antisipasi dini.


Kasdim 0102/Pidie, Mayor Czi Eko Amin Tohari, menegaskan bahwa sosialisasi ini adalah wujud nyata kepedulian TNI kepada masyarakat. "Dengan sosialisasi ini, kami berharap masyarakat lebih paham dan siap menghadapi bencana alam, sehingga kerugian bisa diminimalisir," ujar Mayor Eko. 

Mayor Czi Eko juga menekankan pentingnya sinergi antara masyarakat dan berbagai komponen terkait dalam penanggulangan bencana. Selain itu, kegiatan ini menyoroti peningkatan peran Apkowil Kodim dan jajaran Koramil dalam membantu masyarakat mengatasi kesulitan di wilayahnya.


"Kesiapsiagaan adalah kunci, dan sinergi adalah kekuatan utama dalam menghadapi ancaman bencana," tambahnya.


Dalam kegiatan ini, Kodim 0102/Pidie berkolaborasi dengan BPBD Kabupaten Pidie untuk memberikan pelatihan teknis terkait penanggulangan bencana, mulai dari evakuasi hingga penanganan pascabencana kepada Babinsa dan masyarakat. 


Kasdim 0102/Pidie juga menekankan pentingnya pemetaan daerah rawan bencana di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya. Dengan pemetaan yang akurat, diharapkan penanganan bencana dapat dilakukan lebih cepat dan tepat sasaran.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Pidie, Ns. Syahrial, S.Kep, MKM. Ia berharap kolaborasi antara TNI, BPBD, dan komponen masyarakat lainnya dapat semakin diperkuat untuk menghadapi berbagai potensi bencana di masa mendatang.


Melalui program ini, Kodim 0102/Pidie mempertegas komitmennya dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan serta akan terus mengatasi  kesulitanan masyarakat di wilayahnya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !