Pasiter Kodim 0102/Pidie Hadiri Pembukaan Festival Permainan Rakyat 2024 di Pidie

0
Pidie- Perhelatan Festival Permainan Rakyat Tahun 2024 resmi dibuka. Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Perwira Seksi Teritorial Kodim 0102/Pidie, Kapten Czi M. Jufri, yang mewakili Dandim 0102/Pidie yang berlangsung dihalaman gedung Pidie Convention Center (PCC), Gampong Lampeudeu Baroh, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie. Sabtu (24/08/2024). 

Festival yang mengusung tema "Bermain, Mengukir Prestasi, Memajukan Tradisi" ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Almuniza. Pembukaan festival resmindi buka ditandai dengan menyalakan meriam bambu, kemudian disusul dengan penampilan tarian tradisional Tueng Jamee dari Sanggar Pusaka Nanggroe.

Festival ini merupakan kolaborasi antara Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 1 Aceh dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh. Tujuan dari festival ini adalah melestarikan budaya dan permainan tradisional Aceh, terutama di kalangan generasi muda di era globalisasi dan digital saat ini.

Berbagai permainan tradisional seperti Tarek Situek, Terompah Panjang, Geudue-Geudue, dan Geulayang Teunang akan dipertandingkan, melibatkan peserta dari pelajar SD, SMP, hingga SMA se-Kabupaten Pidie yng akan berlangsung selama dua hari.

Terkait dengan hal tersebut, Pasiter Kodim 0102/Pidie Kapten Czi M. Jufri mengatakan, selain menjadi ajang hiburan, festival ini juga memiliki misi penting dalam memperkenalkan dan menghargai warisan budaya Aceh kepada generasi muda yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita dahulu.

"Festival Permainan Rakyat 2024 diharapkan dapat menjadi momentum penting,khususnya bagi generasi muda untuk terus menjaga dan mengembangkan kekayaan budaya Aceh di tengah perubahan zaman" Ungkapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Plh Sekdakab Pidie, Firman Maulana, S.STP, MAP, Wakapolres Pidie, Kompol Misyanto, SE, M.Si, serta sejumlah pejabat lainnya seperti Kasi Pidum Kejari Pidie, Sukriyadi, SH. Kehadiran personel TNI, Polri, guru pendamping, serta masyarakat yang antusias semakin menambah semarak acara ini.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !