Optimalkan Pertanian, Babinsa Tiro Bantu Petani Mengolos/Racik Pupuk Pada Tanaman Padi

0

Pidie - Babinsa Koramil 15/Tiro, Kodim 0102/Pidie Serka La Muni, melakukan pendampingan kepada petani saat meracik /mengoplos pupuk di Desa Dayah Teungoh, Kecamatan Tiro/Truseb, Kabupaten Pidie, Senin (22/07/2024). 


Pendampingan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pertanian dan meningkatkan produktivitas hasil panen.


"Saat ini, kami bersama masyarakat sedang meracik/mengoplos beberapa jenis pupuk sebelum melakukan pemupukan pada tanaman padi, langkah ini di ambil dengan harapan dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil panen padi," ujar Serka La Muni.


Serka La Muni menjelaskan bahwa pupuk yang sering digunakan oleh petani adalah pupuk kimia jenis urea, posca, dan SP36. Pupuk-pupuk ini harus dicampur dengan takaran yang telah ditentukan dan diberikan pada waktu yang tepat agar dapat berfungsi sesuai harapan.


"Pemberian pupuk yang tepat waktu dan menentukan jenis pupuk yang akan digunakan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan padi dan bisa dibuktikan saat panen. Selain itu, tumbuhan padi harus mendapatkan perawatan yang intensif sehingga pertumbuhannya optimal," tambahnya.

TNI melalui Babinsa mendukung penuh peningkatan produktivitas panen petani di wilayahnya. Hal ini sejalan dengan komitmen TNI dalam mendukung pemerintah di bidang pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan nasional dengan memberdayakan produksi hasil panen petani lokal. Dengan demikian, ketersediaan pangan dapat tercukupi dan stabil di era globalisasi ini.


Pangan merupakan kebutuhan pokok yang paling mendasar dan sangat rentan terhadap keamanan suatu negara. Dengan ketersediaan pangan yang cukup, keamanan juga akan ikut stabil.


Harapan Serka La Muni terhadap petani setempat agar mereka dapat terus mengembangkan metode dan tehnis-tehnis pertanian yang efektif dan efisien,agar tingkat keberhasilan panen lebih meningkat, sehingga ketahanan pangan nasional dapat tercukupi dan terjaga dengan baik serta perekonomian petani semakin sejahtera.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !