Sinergitas TNI bersma Tenaga Kesehatan Puskesmas Mila Gelar Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

0

Pidie - Sinergitas antara TNI dan tenaga kesehatan Puskesmas Kecamatan Mila dalam menggelar kegiatan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Serentak Sejuta Akseptor. Kegiatan ini berlangsung di Puskesmas Mila, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie. Rabu 05/06/2024.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Mila, Yunita SKM, Danramil 14/Mila Kapten Inf Rusli Legino, Babinsa, penyuluh KB Kecamatan Mila, serta sejumlah masyarakat yang menjadi peserta pelayanan dan penyuluhan KB.


Akseptor KB adalah pasangan usia subur yang menggunakan salah satu cara atau alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, baik melalui program pemerintah maupun secara mandiri. 


Kepala Puskesmas Mila menegaskan bahwa tujuan utama dari Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor ini adalah untuk meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas bagi pasangan usia subur (PUS).


"Tujuan utama dari Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor ini adalah untuk meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas bagi pasangan usia subur," ujar Kepala Puskesmas Mila.


Adapun Jenis pelayanan Keluarga Berencana meliputi  Pil, Suntik, Kondom, Implan/Susuk, IUD (Intrauterine Device) / KB Spiral yang semuanya bisa didapatkan oleh masyarakat secara gratis


Menurut Kepala Puskesmas Mila, program Keluarga Berencana (KB) sering disalahartikan oleh masyarakat awam yaitu sebagai program penolakan kehadiran anak. Padahal, tujuan dan manfaat program KB sangat penting untuk mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera, dan bahagia serta menghasilkan keluarga yang berkualitas.


"Merencanakan kehamilan dan jumlah anak bukan hanya masalah waktu, tetapi juga mencakup aspek ekonomi, pendidikan anak, dan pola asuh"tambahnya


Sementara Danramil 14/Mila Kapten Inf Rusli Legino menekankan pentingnya kolaborasi antara TNI dan petugas kesehatan untuk memastikan semua program kesehatan masyarakat, khususnya KB, dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. 


Menurutnya, pelayanan KB ini sangat bermanfaat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai tujuan dan manfaat dari program KB tersebut.


"TNI selalu siap membantu dan berkolaborasi dengan pihak terkait untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera," tegas Kapten Inf Rusli Legino.


Ia juga menambahkan bahwa keluarga merupakan unit terkecil dalam susunan pemerintahan bangsa, di mana dari keluarga diharapkan lahir anak-anak yang sehat, cerdas intelektual, rohani, dan sosial, serta menjadi harapan bangsa yang maju dan unggul di tengah peradaban dunia.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !