Cegah Bencana Alam, Koramil 12/Sakti Gelar Penanaman Pohon di Kecamatan Sakti

0
Pidie - Dalam upaya mencegah banjir, tanah longsor, dan bencana alam lainnya, Koramil 12/Sakti Kodim 0102/Pidie mengadakan kegiatan penanaman pohon keras di sepanjang perengan Sungai Dayah Gampong Pisang, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie, pada Jumat (17/05/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 30 orang, diantaranya Danramil 12/Sakti Kapten Inf Yunus Emha, S.Pd., S.H., Camat Sakti Nurmasyitah, S.Ag., Kalapas Kelas II Kota Bakti Arif Herdian, Amd.I.P, S.H., Kacabjari Cabang Kota Bakti yang diwakili oleh Staf Intel Andi Risam Triangga, Amd., Forum Keuchik Sakti, Keuchik Desa Dayah Gampong Pisang Bukhari beserta perangkat desa, personel Koramil 12/Sakti, serta berbagai perwakilan instansi terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 12/Sakti Kapten Inf Yunus Emha, S.Pd., S.H., menyampaikan pentingnya menanam pohon sebagai langkah preventif untuk mengurangi risiko bencana alam.

"Dengan menanam pohon, kita dapat membantu mencegah banjir karena pohon berfungsi sebagai penghalang alami yang memperlambat aliran air hujan. Akar pohon juga mampu menyerap air dalam jumlah besar, sehingga mengurangi risiko banjir yang dapat membahayakan pemukiman warga," ujarnya.

Kapten Inf Yunus Emha menambahkan, pohon juga berperan dalam mengendalikan suhu dan memberikan kelembaban pada udara. Pohon-pohon di daerah tinggi mampu menyimpan air hujan dalam jumlah besar, sehingga bisa mencegah terjadinya banjir atau longsor. Selain itu, pohon memberikan naungan yang efektif, membuat lingkungan sekitar lebih sejuk dan nyaman tanpa perlu mengonsumsi energi berlebih dari AC.

Selain itu, Kapten Inf Yunus juga menekankan pentingnya penanaman pohon sebagai upaya mencegah erosi yang disebabkan oleh air hujan. Akar pohon sebagai penyerap alami juga berfungsi sebagai tempat cadangan air di musim kemarau, sehingga ketersediaan air tanah tetap terjaga untuk mencegah kekeringan.

Kegiatan penanaman ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat untuk lebih sadar dalam menjaga lingkungan sekitarnya. Jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan ini meliputi pohon sengon, jengkol, dan ketapang kencana.

Dengan adanya kegiatan penghijauan ini, diharapkan dapat tercipta kesejukan secara alami serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan guna mencegah terjadinya bencana alam di masa depan.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !