Kodim 0102/Pidie bersama Pemda Pidie Gelar Apel Gabungan Pengamanan Pemilu 2024

0

Pidie - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Kodim 0102/Pidie, Polres Pidie dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie menyelenggarakan apel gabungan pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu Serentak 2024 yang berlangsung di lapangan Alun-alun Kota Sigli. Senin (05/02/2024).


Apel gabungan tersebut di pimpin oleh Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd. Jamal Husin M. Han., Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali, S.I.K, serta Sekda Kabupaten Pidie, Drs Samsul Azhar, dan diikuti oleh ratusan personel dari TNI-Polri, Satpol PP/WH, Linmas, dan instansi terkait.


Dalam sambutannya, Dandim 0102/Pidie Letkol. Inf Abd. Jamal Husin, M. Han., menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan kesempatan pada hari ini telah dapat menggelar apel pasukan gabungan dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum yang akan berlangsung serentak pada tanggal 14 februari 2024 mendatang di seluruh Indonesia. 

Pada kesempatan tesebut Dandim 0102/Pidie menekankan pentingnya melaksanakan pengecekan dan persiapan pasukan baik TNI-Polri, Linmas, dan pihak terkait dalam pengamanan Pemilu 2024 di seluruh Indonesia, khususnya di Kabupaten Pidie.


"Maksud dan tujuan apel ini adalah untuk memeriksa kesiapan pasukan yang terlibat dalam pengamanan Pemilihan Umum, termasuk TNI-Polri, Linmas, dan peserta lainnya" Ungkap Dandim Pidie 


Menurutnya, pelaksanaan apel ini sangat penting untuk memastikan kesiapan pasukan, perlengkapan, dan unsur pendukungnya agar dapat merespons dengan sigap dan cepat sesuai kebutuhan.


Kemudian  Dandim 0102/Pidie sangat menekankan sinergitas antara TNI, Polri, dan Forkopimda, karena kolaborasi yang harmonis sebagai kunci keberhasilan dalam menjaga kondusifitas wilayah.


Dalam hal ini, Kodim 0102/Pidie akan terus berkomitmen dan bekerja sama dengan kepolisian, forkopimda, dan komponen bangsa lainnya untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Pidie.


Selain itu, Dandim 0102/Pidie  juga menyoroti pentingnya netralitas TNI-Polri dalam menjaga integritas dan citra kehormatan institusi di mata masyarakat. Sikap netralitas ini dianggap vital untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu.

Kapolres Pidie, AKBP Imam Asfali, S.I.K., turut menyampaikan pesan serupa, menekankan kepada personel yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2024 untuk melaksanakan tugas dengan tanggung jawab sesuai dengan tupoksinya, serta menjaga faktor keamanan dan kesehatan.


Sebagai penutup, peserta apel dari TNI-Polri melaksanakan simulasi penanggulangan Huru Hara (PHH) dalam pengamanan pemilu, kemudian dilanjutkan dengan pelepasan konvoi pasukan patroli keliling oleh Forkopimda Kabupaten Pidie sebagai upaya untuk memastikan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Pidie dapat berlangsung aman, lancar dan kondusif.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !