Meningkatkan Pembinaan Teritorial: Babinsa Peukan Baro Turut Terlibat dalam Acara Kenduri Blang di Desa Leuhob

0

Pidie - Dalam rangka mempererat hubungan dengan masyarakat, Serda Marwadi, Babinsa dari Koramil 06/Peukan Baro Kodim 0102/Pidie, aktif terlibat dalam kegiatan sosial di desa binaannya. Salah satunya adalah acara syukuran tradisional yang dikenal sebagai Kenduri Blang, yang diselenggarakan di Desa Leuhob, Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie.Rabu (22/11/2023). 


Dalam keterangannya, Serda Marwadi menjelaskan bahwa keterlibatan Babinsa dalam kegiatan masyarakat seperti ini merupakan upaya konkret dalam meningkatkan pembinaan teritorial. 


"Berbaur dan berkolaborasi dengan masyarakat di berbagai kegiatan baik sosial dan kegiatan positif  lainya menjadi kunci utama untuk membangun hubungan yang kokoh dan mendapatkan dukungan dari masyarakat dalam menjalakan tugas pokok sebagai Babinsa di lapangan " Ungkap Babinsa 

Lebih lanjut di jelaskannya, Pada acara Kenduri Blang di Desa Leuhob, masyarakat sedang mempersiapkan konsumsi makanan untuk merayakan hasil panen melalui acara syukuran dan doa bersama sebagai wujud syukur atas rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT. 


Terkait dengan itu, Babinsa hadir sebagai bentuk dukungan nyata, tidak hanya dalam hal keamanan tetapi juga dalam mendukung kegiatan positif yang menguatkan keberlangsungan adat dan tradisi masyarakat lokal yang rutiin dilaksankan secara turun temurun setiap tahunnya. 


Masyarakat setempat memberikan apresiasi tinggi terhadap kehadiran Babinsa, seperti yang disampaikan oleh Pak Sulaiman, salah seorang warga Desa Leuhob. 


"Selama ini, Bapak Babinsa selalu hadir dalam setiap kegiatan di desa kami. Ini menunjukkan bahwa TNI selalu mendukung dan hadir di hati rakyat," ucapnya Pak Sulaiman


Keberadaan Babinsa dalam kegiatan seperti Kenduri Blang tersebut tidak hanya untuk membangun kebersamaan antara TNI dan masyarakat, tetapi juga mendorong pelestarian tradisi dan adat lokal. Dengan demikian, upaya ini bukan hanya sekadar tugas dinas, melainkan juga bentuk nyata dari keterlibatan aktif TNI dalam mendukung kehidupan sosial dan budaya masyarakat di wilayah teritorialnya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !