Kodim 0102/Pidie Gelar Kegiatan Pembinaan Komunikasi untuk Cegah Konflik Sosial

0

Pidie - Kodim 0102/Pidie, menggelar kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) Cegah Konflik Sosial dengan tema "Peran Seluruh Komponen Masyarakat dalam Mencegah Konflik Sosial di Wilayah Kodim 0102/ Pidie," Acara tersebut berlangsung di ruang Oproom Kantor Bupati Pidie. Jln.Prof. A Majid Ibrahim kabupaten Pidie. Kamis (16/11/2023).


Kegiatan ini menjadi sarana untuk mengajak semua komponen masyarakat supaya berperan aktif dan menyamakan visi misi dalam menghindari potensi konflik sosial ditengah masyarakat yang selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia terutama di provinsi Aceh khususnya di kabupaten Pidie. 


Sebagai Narasumber utama, Waasintel Kasad Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, mengatakan peran strategis masyarakat kabupaten Pidie sangat dibutuhkan sebagai penjaga kesatuan dan persatuan komponen bangsa di Provinsi Aceh. "Pidie dianggap sebagai barometer yang kokoh, hal ini tidak terlepas berkat dukungan dan kepedulian dari berbagai komponen masyarakat, termasuk alim ulama, tokoh masyarakat, mahasiswa, pemuda,generasi melenial dan media" Ungkapnya 

Pj. Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto M.Si., yang turut hadir di acara tersebut mengingatkan, pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi tahun politik. Meskipun memiliki PAD rendah, Kabupaten Pidie telah mencapai prestasi berkat kerjasama semua komponen masyarakat. 


Lebih lanjut  Pj. Bupati Pidie menekankan, perlunya deteksi potensi konflik sosial, mengajak semua pihak untuk merayakan tahun politik dengan gembira tanpa perpecahan. Silaturrahmi diharapkan menjadi pondasi dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam menghadapi tantangan politik.


Sementara narasumber lain, Kesbangpolinmas Kab. Pidie, Wahidin SSTP. M.Si., juga menyoroti pentingnya peran aktif semua komponen masyarakat dalam mendeteksi dan mengatasi potensi konflik. Dalam konteks politik, ia mendorong agar mengutamakan musyawarah, mufakat serta dukungan seluruh lapisan masyarakat sebagai deteksi dini dan pencegahan konflik sosial. 


Pentingnya peran aktif dari mahasiswa dan generasi melenial sebagai penerus bangsa, hal tersebut juga disoroti oleh Waasintel Kasad, Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, yang mengajak generasi muda untuk aktif menjaga kondusifitas, memberikan edukasi positif, dan mencegah provokasi yang dapat memecah belah bangsa.


Kegiatan ini menjadi wadah bagi berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, LSM, dan media, untuk bersama-sama dalam menjaga kebersamaan dan menciptakan kedamaian di Kabupaten Pidie.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !