Persit Kartika Candra Kirana Cabang XIX Kodim 0102/Pidie Ikuti Penyuluhan Manajemen Laktasi IMD dan KB Efektif

0

Pidie - Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Cabang XIX Kodim 0102/Pidie aktif dalam peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang manajemen laktasi (pemberian air susu ibu) dan  keluarga berencana (KB) yang efektif yang diselenggarakan oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Yudha Bhakti Sigli yang berlangsung di Aula Salimuddin Kodim 0102/Pidie. Senin (16/10/2023). 


Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Ketua Persit KCK Cabang XIX Kodim 0102/Pidie, Ny. Devi Jamal Husen, yang juga membuka acara ini. Turut hadir sebagai narasumber dr. Margfiratun Maulany dari Poliklinik FKTP Yudha Bhakti Sigli.


Ny. Devi Jamal Husein, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada dokter dan seluruh anggota Poliklinik Yudha Bhakti Sigli atas inisiatif mereka dalam menyelenggarakan acara ini. Dia juga mengapresiasi kehadiran seluruh anggota Persit yang hadir dalam penyuluhan manajemen laktasi dan penggunaan KB. Ny. Devi berharap pengetahuan yang disampaikan oleh narasumber dapat bermanfaat dan meningkatkan kesadaran, terutama bagi ibu-ibu pasangan usia subur, mengenai pentingnya dan manfaat air susu ibu (ASI) bagi pertumbuhan anak.

Dalam sesi penyuluhan, dr. Margfiratun Maulany menjelaskan tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD), yang merupakan proses bayi menyusu segera setelah dilahirkan. IMD adalah langkah penting dalam mendukung pemberian ASI eksklusif yang berperan penting dalam pertumbuhan bayi.


Dr. Margfiratun Maulany juga menguraikan manfaat ASI bagi bayi, termasuk kandungan zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi, perlindungan terhadap infeksi, mencegah diare, serta tidak menimbulkan alergi. Selain itu, ASI juga memberikan manfaat bagi ibu, seperti mencegah perdarahan pasca persalinan, mengurangi risiko kanker payudara, dan meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan bayi. ASI juga memiliki nilai ekonomis dan mudah diperoleh karena merupakan makanan alami yang disediakan sejak lahir.

Dengan penyuluhan ini, diharapkan para anggota Persit KCK Cabang XIX Kodim 0102/Pidie dapat meningkatkan pemahaman anggota persit KCK dim 0102/Pidie tentang manajemen laktasi IMD dan penggunaan KB yang efektif, sehingga dapat memberikan dukungan yang lebih baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak serta kesehatan ibu.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !