Ikut Lestarikan Tradisi Daerah, Babinsa Trienggadeng Hadiri Kenduri Blang dan Doa Bersama di Desa Binaannya

0

Pidie Jaya - Anggota Koramil 18/Tripa Kodim 0102/Pidie, Serda Zulham, turut berpartisipasi dalam Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Keucik dan perangkat Gampong, serta masyarakat petani dalam sebuah acara adat (Kenduri Blang) di Desa Peulandok Tunong, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya.Selasa (19/09/2023). 


Acara yang disebut "Kenduri Blang" atau "Doa Bersama" merupakan salah satu tradisi yang telah menjadi bagian integral dari budaya masyarakat petani Aceh. Tradisi ini berlangsung menjelang masa penanaman padi, di mana masyarakat berkumpul untuk bersama-sama berdoa kepada Allah memohon keselamatan dan keberkahan selama mereka bekerja di sawah hingga masa panen tiba.

Serda Zulham (Babinsa) dan para warga lainnya berkumpul di balai Desa Peulandok Tunong, yang telah disiapkan untuk acara ini. Pada acara tersebut mereka bersama-sama mengikuti doa bersama yang dipimpin oleh seorang pemuka agama setempat. Doa tersebut mengharapkan kelancaran proses penanaman padi, perlindungan dari bencana alam, serta hasil panen yang berlimpah.


Selaku Babinsa Serda Zulham mengungkapkan, pentingnya menjaga tradisi ini dan menjalin kerjasama yang erat antara pihak Koramil 18/Tripa dan masyarakat petani. 


"Kami berada di sini untuk mendukung dan menghormati tradisi serta untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat petani kita," ujarnya.


Lebih lanjut Babinsa mengatakan, 

acara Kenduri Blang dan Doa Bersama ini tidak hanya memperkuat hubungan antara intansi pemerintahan dan masyarakat setempat, tetapi juga mencerminkan semangat gotong-royong yang kuat di Aceh dalam menjaga tradisi berharga ini. 


"Semoga kegiatan ini membawa keberkahan dan hasil panen yang melimpah bagi masyarakat petani di Pidie Jaya sehingga masyarakat semakin sejahtera" Tutup Babinsa

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !