Dandim 0102/Pidie Hadiri Talkshow Lokakarya Literasi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

0

Pidie - Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd. Jamal Husin M. Han., menghadiri kegiatan Talkshow Lokakarya Literisasi yang di selenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh bertempat di ruang Aula Cafe Suman Mark Kabupaten Pidie. Selasa (28/08/2023). 

Acara Talkshow Lokakarya Literisasi tahun 2023 di Kabupaten Pidie tersbut di buka langsung oleh kepala dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh, Dr. Edi Yandra, S. STP, MSP. 

Pada acara yang dihadiri oleh Pj. Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf. Abdul Jamal Husin, M.Han., Kapolres Pidie, AKBP. Imam Asfali, S.I.K., Bunda literasi Pidie, Ny. Suaidah Sulaiman, Ketua DPW Pidie, Ny. Saptati Rengganis Samsul Azhar, Sp., para Kepala SKPK, Kabag Prokopim, serta perwakilan Guru dan Siswa-siswi dalam Kabupaten Pidie.


Dalam sambutannya, Kepala DPKA, Dr. Edi Yandra, menyampaikan, bahwa bangsa yang besar, seperti Indonesia harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke-21 melalui pendidikan yang terintegrasi, mulai dari keluarga, sekolah, sampai dengan masyarakat.

Penguasaan enam literasi dasar yang disepakati oleh World Economic Forum pada tahun 2015 menjadi sangat penting tidak hanya bagi peserta didik, tetapi juga bagi orang tua dan seluruh warga masyarakat.

Enam literasi dasar tersebut mencakup literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan.

Manfaat perpustakaan digital dalam meningkatkan minat baca generasi milenial di era globalisasi. Sedangkan metode yang digunakan yaitu studi literatur agar dapat mengetahui mengenai perpustakaan digital dan minat baca masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan sumber bahan pustaka untuk memperoleh data penelitian.


Rendahnya minat baca bagi masyarakat Indonesia memberikan dampak negatif bagi masyarakat, terlebih lagi perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi yang semakin pesat membawa pengaruh yang cukup besar bagi masyarakat, khususnya bagi generasi milenial.

Hal senada juga di sampaikan Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd. Jamal Husin, M. Han., bahwa Forkopimda kabupaten Pidie sangat mendukung program Literasi tesrsebut. 

Hadirnya perpustakaan digital ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik dalam meningkatkan budaya serta minat baca bagi masyarakat khususnya di kalangan pelajar dan melenial yang efektif dan efisien.Sehingga kedepannya Negara kita bisa melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kompeten, berkualitas dan berwawasan luas. 

"Gerakan budaya membaca bukanlah hanya tugas pemerintah, tetapi ini merupakan tugas semua komponen lapisan masyarakat" Pungkas Dandim 0102/Pidie, 

Diakhir kegiatan ini juga dilakukan penyerahan Plakat dari Kepala DPKA kepada Pj Bupati, unsur Forkopimda, Bunda Literasi dan DPW Pidie, serta peserta lainnya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !