Kodim 0102/Pidie Gelar Upacara Bulanan Pengibaran Merah Putih

0

Pidie - Kodim 0102/Pidie selenggarakan kegiatan Upacara Bendera bulanan yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0102/Pidie. Upacara tersebut dilaksanakan di lapangan Upacara Makodim 0102/Pidie Jln. Prof. A. Majid Desa Lampuedue Baroh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Kamis (17/11/2022).


Danramil 26/Grong-Grong, Kapten Inf Agus Suharsono mewakili Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd. Jamal Husin, M. Han menjadi Inspektur upacara dalam pelaksanaan kegiatan upacara tersebut, Perwira Upacara dijabat oleh Danramil 16/Tangse, Letda Inf Ferial, sedangkan bertindak sebagai Komandan upacara yakni Danramil 13/Keumala, Letda Inf Irwansyah.


Kegiatan Upacara pengibaran bendera dilaksanakan dalam rangka memupuk jiwa Nasionalisme dan solidaritas Prajurit serta untuk mengenang jasa para Pahlawan dan menumbuhkan jiwa patriotisme guna menghormati Sang Saka Merah Putih serta menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi Prajurit dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Sumpah Prajurit.


Pada kesempatan tersebut, Kapten Inf Agus Suharsono membacakan amanat upacara dari Panglima Kodam Iskandar  Muda Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan.

Upacara pengibaran bendera ini merupakan wujud rasa bangga dan penghormatan kita terhadap sang merah putih sebagai salah satu lambang dan kedaulatan negara. Oleh karena itu, upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan ini, harus menjadi wahana untuk meningkatkan nasionalisme dan patriotisme kita sebagai prajurit penegak kedaulatan Negara Republik Indonesia.


 Kita telah merasakan bersama, bahwa secara umum iklim kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara saat ini telah berjalan dinamis dan stabil, seiring kondisi keamanan wilayah yang aman dan kondusif. Pencapaian stabilitas keamanan yang baik tersebut tidak terlepas dari pengaruh kepemimpinan satuan yang mampu mensinergikan seluruh sumber daya yang ada di daerahnya. Tingkat kepekaan dan respon yang cepat dari kepemimpinan di daerah untuk meredam secara dini terhadap setiap gejala gangguan keamanan, telah terbukti berperan besar dalam mencegah meluasnya setiap permasalahan yang terjadi di lingkungan Masyaraka, Ucapnya.


Oleh karena itu, saya minta kepada unsur Pimpinan satuan di jajaran Kodam Iskandar Muda untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki pada semua strata, karena sekecil apapun peran dan tugas para prajurit adalah penentu bagi keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas Kodam Iskandar Muda.


Sebelum mengakhiri amanat ini, saya ingin menyampaikan beberapa arahan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas ke depan.

• Pertama. Mantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai kekuatan dan landasan moral dalam menjalankan tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

• Kedua. Selalu jaga diri dan keluarga, serta jauhi segala bentuk pelanggaran. Implementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI di manapun bertugas dan berada.

• Ketiga. TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.

• Keempat. Terus lakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang Rakyat kepada TNI AD.

• Kelima. Mantapkan soliditas dan sinergitas internal TNI dengan komponen bangsa lainnya dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara, tegas Pangdam IM dalam amanatnya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !