Sinergitas Babinsa dan Masyrakat Gotong royong Persiapan Kenduri Blang.

0
Sumaterandalan.com - Pidie. Menjelang turun sawah atau musim tanam masyarakat di bantu Babinsa dan perwakilan pegawai kecamatan melaksankan kegiatan Gotong royong membersihkan lokasi tempat di gelarnya Kenduri Blang di desa Blang Baroh kecamatan Glumpang Baro kabupatrn Pidie. Sabtu (24/09/2022). 

Acara syukuran menjelang turun kesawah ini telah menjadi tradisi di berbagai daerah di provinsi Aceh khususnya kabupaten Pidie atau yang biasa dikenal dengan Kenduri Blang. 

Tampak di kegiatan Gotong royong tersebut Sertu Agus Babinsa Koramil 25/Glumpang Baro Kodim 0102/Pidie bersama masyarakat sedang membersihkan lokasi tempat yang akan di gunakan untuk Kenduri Balang tersebut. 

"Hari ini kami para Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan pegawai kantor camat turut berpartisipasi membantu masyarakat melaksanakan gotong royong persiapan Kenduri Balng yang rencananya akan di laksanakan pada hari senin nanti" Ujar Sertu Agus

Menurutnya,acara kenduri Blang merupakan tradisi yang telah lama turun menurun terus dilestarikan oleh masyarakat Aceh sebelum mulai turun kesawah untuk menanam padi, yang bertujuan untuk memanjatkan Do’a kepada Allah SWT semoga musim tanam kali ini diberikan kesuksesan dan dijauhi dari berbagai penyakit dan musibah terhadap tanaman padi mereka hingga tiba masa panen nanti. 

Selain Doa bersama dan jamuan makan siang, kenduri blang juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan silaturrahmi antara Masyrakat dengan Babinsa, perangkat desa, dan unsur Muspika kecamatan Glumpang Baro lainya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !